Gemasi Unpad

Kami sudah pindah. Silahkan kunjungi gemasi.fib.unpad.ac.id

Pengalaman Seru di GATES 2011

Apa sih itu GATES? GATES itu merupakan serangkaian acara Mabim atau masa bimbingan yang dibuat oleh GEMASI (Gelanggang Sastra Inggris) yang merupakan Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris Universitas Padjadjaran. Dari awal saya ikut GATES 2011 yang dimulai bulan Agustus, saya mengira bahwa segala persiapan akan dibuat sulit oleh para senior, dan ternyata tidak. Mahasiswa baru hanya disuruh mendengarkan informasi-informasi akademik yang disampaikan oleh dosen. Saya merasa have fun dengan semua rangkaian, mulai dari perkenalan dosen-dosen yang humoris, perkenalan akang/teteh satyr (re: pembimbing) yang ramah, dan games yang seru.

Di GATES sesi kedua pun, mahasiswa baru tidak dibuat kesusahan dengan tugas Mabim. Mahasiswa baru hanya disuruh membuat research paper dan karya seni yang berdasarkan isi novel “Percy Jackson and The Lightning Thief”. Kekompakan antar kelompok pun dibutuhkan dalam pembuatan research paper dan karya seni ini. Menurut saya, ketika acara games post-to-post pada GATES sesi kedua merupakan acara yang paling seru, dimana kekompakan tiap kelompok diperlihatkan. Tiap kelompok diwajibkan membuat yel-yel untuk ditampilkan di tiap pos dan ketika presentasi tugas research paper. Di tiap pos, terdapat games yang berbeda. Di post pertama, tiap kelompok harus menjawab pertanyaan dari akang/teteh  penjaga post dan mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya. Di post kedua, penjaga post memberikan game spelling bee, dimana tiap kelompok harus mengeja setiap kata yang diberikan penjaga post dan kemudian dieja dengan ejaan bahasa Inggris. Di pos ketiga, dan selanjutnya hingga post kelima diberikan games berbeda-beda juga. Hukuman bagi yang kalah di tiap post, yaitu mendapat coretan dimuka.

Saya rasa, GATES kali ini sangat seru, meskipun tidak semua mahasiswa baru mengikuti GATES 2011. Acara ini sangat bermanfaat untuk mahasiswa baru, karena acara seperti ini bisa sebagai ajang untuk perkenalan dengan teman baru , mendapat pengalaman baru dan wawasan baru yang tidak didapatkan darimanapun. Bagi yang tidak ikut berpartisipasi dalam rangkaian acara GATES pasti menyesal dan rugi. Tidak terasa acara GATES 2011 sebentar lagi akan berakhir, tapi semangat kekompakan antar mahasiswa jurusan Sastra Inggris angkatan 2011 diharapkan tidak luntur dan kekal selamanya, dan saya juga berharap semoga GATES tetap eksis di tahun-tahun berikut. AMIN.

Ditulis oleh: Rio Pamungkas | @donatooo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on September 27, 2011 by in Ekspresi and tagged , , , .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Tentang Gemasi

Gelanggang Mahasiswa Sastra Inggris (Gemasi) berdiri pada tanggal 1 November 1969 oleh Bpk. H. Abdullah Priyo Utomo. Pada awalnya Gemasi merupakan sekumpulan mahasiswa/i yang belum mempunyai struktur organisasi yang jelas. Hanya sekedar “nongkrong bareng”. Sehingga timbulah suatu keinginan untuk mempunyai suatu wadah untuk berkumpul dengan struktur yang terorganisir dan mempunyai lembaga yang jelas, seperti sekarang ini. Klik tautan ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Archives

@gemasiunpad

%d bloggers like this: